Pada pasar minyak dan gas saat ini, penggunaan minyak lebih besar daripada gas dalam industri. Penggunaan minyak didominasi sebagai bahan bakar kendaraan. Namun semakin berkembangnya teknologi, penggunaan gas dapat di kombinasikan dengan minyak sebagai bahan bakar kendaraan.
Mesin diesel dual fuel sebenarnya masih berdasarkan cara kerja mesin diesel yang dulu, dengan penambahan modul dual fuel. Ketika mesin bekerja pada mode dual fuel, gas natural (LNG) masuk ke Intake sistem. Udara dan natural gas bercampur di intake manifold dan masuk ke cylinder/ruang bakar. Pada saat mendekati akhir langkah kompresi, minyak/solar disemprotkan seperti pada mesin diesel pada umumnya. Solar menyala dan pembakaran terjadi akibat gas terbakar. Dual fuel pada mesin diesel memiliki power densiti yang sama, putaran dan respon yang sama seperti mesin diesel pada umumnya.
Parameter kritis pada mesin duel fuel adalah pada rasio pencampuran antara minyak dan gas. Maksimal pencampuran natural gas adalah 70% disesuaikan dengan kondisi beban mesin.
Berikut video animasi dalam prinsip kerja mesin diesel dual fuel.
No comments:
Post a Comment